Jumat, 15 Februari 2013

Cara Redirect Broken Link Blogger

Cara Redirect Broken Link Blogger - Blogger Search Preferences merupakan fitur terbaru dari blogger yang memberikan cara mudah untuk Redirect Broken Link atau posting yang telah di hapus. Biasanya apa yang terjadi di blogspot jika halaman manapun posting yang hilang itu secara otomatis akan menampilkan halaman kesalahan 404 (yaitu broken link). Misalnya Anda memiliki posting tentu post tersebut menjadi paling populer dan pengguna mulai menghubungkan post tersebut ke mana-mana, tapi untuk beberapa alasan Anda telah menghapus post itu, sayangnya ketika pengguna dan robot mengunjungi URL yang sama mereka akan melihat link yang rusak yaitu Kesalahan Halaman Tidak Ditemukan. Yang benar - benar buruk bagi mesin pencari blog dan mungkin peringkat pencarian Anda di SERP.

Untuk mencegah halaman kesalahan 404 Anda harus tahu bagaimana untuk memperbaiki dan mengarahkan halaman yang hilang atau dihapus di situs Anda, dengan cara ini Anda dapat meningkatkan peringkat mesin pencari Anda serta mengurangi jumlah Error 404. Untuk alasan ini Google akan menganggap bahwa setiap situs web atau blog yang memiliki banyak jumlah link yang rusak merupakan website / blog yang memiliki kualitas buruk atau website tersebut telah ditinggalkan.
Cara Redirect Broken Link Blogger

Apa Itu Broken Link ?

Broken Link merupakan link yang rusak atau error yang telah divonis oleh robort pencari, karena beberapa faktor kesalahan. Hal tersebut terjadi karena link yang menuju ke konten telah dihapus atau tidak ditemukan dan akan ditampilkan sebagai halaman kesalahan 404. Dengan kata lain, setiap halaman atau posting yang telah Anda hapus dalam blog atau website disebut sebagai Broken Link oleh robot pencari. Yang disebut Broken karena poin link ke konten tersebut hilang dan menyebabkan halaman error 404. Nah untuk bisa mengembalikan supaya link yang error tersebut akan pulih kembali, maka diperlukan suatu rujukan link yang error dengan link yang lain atau dengan istilah Redirect broken link.

Bagaimana Cara Mengetahui Broken Link atau Link Error

Terkadang Anda tidak ingat posting mana yang telah dihapus oleh Anda sendiri atau URL yang menyebabkan kesalahan, sehingga sulit bagi robot pencari untuk mengindeks blog Anda. Untuk menemukan link yang rusak di blog Anda silahkan kunjungi Google Webmaster Tools. Berikut ini Cara Mengetahui Broken Link atau Link Error.
Crawl Errors
  • Kemudian klik Not Found
  • Maka akan muncul daftar list dari link error pada blog Anda
list link error

Link error terjadi karena beberapa sebab, misalnya Anda menghapus postingan yang sudah dipublikasikan seperti contoh link artikel Bank Mandiri Bank Terbaik Di Indonesia yang ada pada blog ini telah terhapus, atau dalam pengeditan post karena koneksi lambat dari internet sehingga menyebabkan link yang ada di dalam blog berubah dengan sendirinya, atau bisa juga disebabkan karena visitor yang salah ketik link url yang menyebabkan broken link / link rusak atau response code error 404. Jadi jika pengunjung mengeklik link tersebut maka yang muncul adalah Halaman Error 404 sebagai pengganti broken link tersebut.

Setelah Anda memiliki daftar list broken link pada blog Anda maka waktunya untuk memperbaiki link yang rusak tersebut menggunakan metode redirection. Dengan cara ini Anda dapat meningkatkan peringkat mesin pencari dan mengurangi kesalahan Halaman Error 404.

Cara Redirect Broken Link Blogger

Ini merupakan langkah terbaik untuk mengarahkan link yang rusak ke homepage atau halaman terkait. Mari kita lihat bagaimana kita Redirect Broken Link menggunakan fitur terbaru dari blogger yaitu Blogger Search Preferences.
  1. Kunjungi blogger.com. Jika Anda masih menggunakan tampilan blogger lama, silahkan menuju draft.blogger.com . Kecuali jika Anda sudah upgrade Blogger New interface.
  2. Setelah itu, ke halaman Setting > Search preferences 
  3. Klik link edit di sebelah Custom Redirects

  4. Custom Redirects

  5. Di dalam kotak From, masukkan link yang rusak. Contoh:
    /2013/02/bank-mandiri-bank-terbaik-di-indonesia..
  6. Dan di dalam kotak To masuk link untuk link yang Anda ingin redirect. Contoh:
    /2013/02/bank-mandiri-bank-terbaik-di-indonesia-2013.html
  7. Langkah terakhir klik link Save di ikuti dengan mengklik tombol Save Changes.
Saya berasumsi bahwa tutorial di atas mungkin dapat membantu Anda untuk menemukan dan memperbaiki semua link yang rusak / error di blog Anda. Dengan cara ini Anda dapat mengarahkan semua link yang rusak Anda ke halaman yang ada di blog Anda dan tetap hidup dalam peringkat mesin pencari. Perlu Anda ingat, bahwa Redirect Broken Link pada blogger ini hanya di batasi 10 link saja. Jadi lakukan redirect untuk link yang mungkin sangat di butuhkan.

Bila masih ada kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah. Semoga Cara Redirect Broken Link Blogger ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar